Ajaran Islam Murni (AIM) Sesuai Al-Quran dan Hadits, berisi artikel yang sudah kami baca dan terjamin keabsahan sumbernya.

Wednesday, 13 April 2011

Rahasia Dibalik Waktu Sholat 5 Waktu..

terpikirkan oleh Saya pribadi tentang waktu dalam salat,apa maknanya,mengapa Allah mengatur waktu salat sedemikian rupa ? subuh(04.00-04.45),dzuhur(11.45-12.10),ashar(14.50-15.20),magrib(17.45-18.10)dan isya(18.50-19.10)[u/ wkt indonesia]

lantas saya berpikir tidakkah waktu salat itu beraturan ? ternyata saya menemukan bahwa waktu salat tidak di dasarkan pada jam melainkan pada alam seperi kita ketahui zaman tersebut blm ada jam seperti sekarang G-shock,swiss-army atau apapun namanya
mgkin temen2 sudah tau tapi saya mencoba akan kembali menceritakan kisahnya
Ali bin Abi Talib r.a. berkata, "Sewaktu Rasullullah SAW duduk bersama para sahabat Muhajirin dan Ansar, maka dengan tiba-tiba datanglah satu rombongan orang-orang Yahudi lalu berkata, 'Ya Muhammad, kami hendak bertanya kepada kamu kalimat-kalimat yang telah diberikan oleh Allah kepada Nabi Musa A.S. yang tidak diberikan kecuali kepada para Nabi utusan Allah atau malaikat muqarrab.'
Lalu Rasullullah SAW bersabda, 'Silahkan bertanya.'

Berkata orang Yahudi, 'Coba terangkan kepada kami tentang 5 waktu yang diwajibkan oleh Allah ke atas umatmu.'

Sabda Rasullullah saw, 'Shalat Zuhur jika tergelincir matahari, maka bertasbihlah segala sesuatu kepada Tuhannya. Shalat Asar itu ialah saat ketika Nabi Adam a.s. memakan buah khuldi. Shalat Maghrib itu adalah saat Allah menerima taubat Nabi Adam a.s. Maka setiap mukmin yang bershalat Maghrib dengan ikhlas dan kemudian dia berdoa meminta sesuatu pada Allah maka pasti Allah akan mengkabulkan permintaannya. Shalat Isyak itu ialah shalat yang dikerjakan oleh para Rasul sebelumku. Shalat Subuh adalah sebelum terbit matahari. Ini kerana apabila matahari terbit, terbitnya di antara dua tanduk syaitan dan di situ sujudnya setiap orang kafir.'

lantas saya mencoba menelaah mengapa rentang waktu salai magrib dan isya paling cepat (berkisar 1 jam)
saya teringat jaman dulu di mana bnayk yg mengaji stlah slesai salat magrib,ya memang bnar ternyata rentang waktu ini kita bisa gunakan mengaji sambil mnunggu salat isya mengapa salat isya tidak di jatuhkan lbih malam 8 atw 9 ? itulah kita keadilan Allah pada hambanya krna keefektifan istirahat bagi manusia adalah setelah isya di mna jika kita tidur sel2 pda tubuh kita akan diperbaharui,kalian tau tidur larut malam atw dini hari bnyak mudaratna(cek kembli buku2 biologi teman2)
rentang waktu terlama adl salat subuh dgn zuhur,mengapa ?kalian pasti tau di sinilah manusia di suruh beraktifitas atw bekerja (tentunya Allah mengingatkan pda kita u/ tdak melupakan dunia pula bkan ?}
kisah selengkapnya
Setelah orang Yahudi mendengar penjelasan daripada Rasullullah saw, maka mereka berkata, 'Memang benarlah apa yang kamu katakan itu wahai Muhammad (saw). Kini katakan pula kepada kami semua, kenapakah Allah S.W.T mewajibkan puasa 30 hari ke atas umatmu?'

Sabda Rasullullah saw, 'Ketika Nabi Adam memakan buah pohon khuldi yang dilarang, lalu makanan itu tersangkut dalam perut Nabi Adam a.s. selama 30 hari. Kemudian Allah S.W.T mewajibkan ke atas keturunan Adam a.s. berlapar selama 30 hari.
Sementara diizin makan di waktu malam itu adalah sebagai kurnia Allah S.W.T kepada makhluk-Nya.'

Kata orang Yahudi lagi, 'Wahai Muhammad, memang benarlah apa yang kamu katakan itu. Kini terangkan kepada kami mengenai ganjaran pahala yang diperolehi daripada berpuasa itu.'
Sabda Rasullullah saw, 'Seorang hamba yang berpuasa dalam bulan Ramadhan dengan ikhlas kepada Allah S.W.T, dia akan diberikan oleh Allah S.W.T 7 perkara:

1. Akan dicairkan daging haram yang tumbuh dari badannya (daging yang tumbuh daripada makanan yang haram).
2. Rahmat Allah sentiasa dekat dengannya.
3. Diberi oleh Allah sebaik-baik amal.
4. Dijauhkan daripada merasa lapar dan dahaga.
5. Diringankan baginya siksa kubur (siksa yang amat mengerikan).
6. Diberikan cahaya oleh Allah S.W.T pada hari Kiamat untuk menyeberang Titian Sirath.
7. Allah S.W.T akan memberinya kemudian di syurga.'

Kata orang Yahudi, 'Benar apa yang kamu katakan itu Muhammad. Katakan kepada kami kelebihanmu di antara semua para nabi.'
Sabda Rasullullah saw, 'Seorang nabi menggunakan doa mustajabnya untuk membinasakan umatnya, tetapi saya tetap menyimpankan doa saya (untuk saya gunakan memberi syafaat kepada umat saya di hari kiamat).'
Kata orang Yahudi, 'Benar apa yang kamu katakan itu Muhammad. Kini kami mengakui dengan ucapan Asyhadu Alla illaha illallah, wa annaka Rasulullah (kami percaya bahawa tiada Tuhan melainkan Allah dan engkau utusan Allah).'

Sedikit peringatan untuk kita semua: "Dan sesungguhnya akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berilah berita gembira kepada orang-orang yang sabar." (Surah Al-Baqarah: ayat 155)

saya pernah mengajak teman2 saya tuk salat ktika adzan berkumandang ttapi mereka mengacuhkan bgtu saja pdahal mreka lbh paham agama dari saya
bgtu jg ktika saya meminta izin kpd dosen saya tuk salat ashar ttpi ia menolaknya dgn ber-alasan sedikit lg waktu plg ?
ada apa ini,apa yg salah ?
miris sekali ktika zaman nabi Muhammad,org2 salat dgn sembunyi2 bahkan mengorbankan nyawanya,tetapi mengapa kita dgn mudah melalaikannya ?
ironis...ya kata itu tepat

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya." (Surah Al-Baqarah: ayat 286)
saya rasa ini cukup bahwa dalam penerapan waktu salat pun Allah tlah adil pada kita apalagi dgn yg lainnya ?
lantas MENGAPA kita tidak bisa adil kpda Allah(termasuk saya) ?tentunya Allah menunggu jawaban kita...

2 comments:

  1. ass.......mas...artikel-a ga bs dishare di FB ya....atau saya yg tdk ngerti....kan unt kebaikan jg mas...skalian syiar...

    ReplyDelete
  2. tidak bisa nya kenapa. share linknya?
    silahken dishare kemana saja diperbolehkan ..

    ReplyDelete