Ajaran Islam Murni (AIM) Sesuai Al-Quran dan Hadits, berisi artikel yang sudah kami baca dan terjamin keabsahan sumbernya.

Tuesday, 26 April 2011

Sholat Yang Sering Terabaikan

keempat shalat ini adalah :
Shalat Tahajjud -> Shalat Fajar -> Shalat Subuh -> Shalat Dhuha
yok mari dikupas satu-satu nyookk.. bekicrot
1. Shalat Tahajjud(shalat sunnah yang di sarankan untuk dikerjakan)
saat orang-orang tidur, ngiler, ngelantur, bermimpi indah dkk ada baiknya niatin buat bangun atau set alarm buat bangun.. kenapa sih ane maksa banget hehehehe.. kalau nggak dikerjain juga kagak napa-napa kok .. namanya juga shalat sunnah.. tapi kalau kerjain.. dapat nilai plus-plus ..
di dunia
1. Akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana.
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihatan dimukanya.
3. Akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia.
4. Lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah.
5. Akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.
di akhirat
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari kubur di Hari Pembalasan nanti.
2. Akan mendapat keringanan ketika di hisab.
3. Ketika menyebrangi jembatan Shirotol Mustaqim, bisa melakukannya dengan sangat cepat, seperti halilintar yang menyambar.
4. Catatan amalnya diberikan ditangan kanan.

sekedar gosip : katanya shalat Tahajjud merupakan shalat wajib bagi Rasulullah sebelum shalat 5 waktu diturunkan.. sekarang menjadi sunnah, mungkin gara-gara untuk meringankan umat nabi yang malas shalat malam-malam.. hehehe(sotoy mode on)
Quote:
Bersabda Nabi Muhammad SAW :
“Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam” ( HR. Muslim )
Nabi SAW bersabda lagi :
“Pada tiap malam Tuhan kami Tabaraka wa Ta’ala turun ( ke langit dunia ) ketika tinggal sepertiga malam yang akhir. Ia berfirman : “ Barang siapa yang menyeru-Ku, akan Aku perkenankan seruannya. Barang siapa yang meminta kepada-Ku, Aku perkenankan permintaanya. Dan barang siapa meminta ampunan kepada-Ku, Aku ampuni dia.” ( HR Bukhari dan Muslim )
nah yahuud kan fungsinya sekarang kita ke shalat yang selanjutnya
2. Shalat Fajar(shalat sunnah yang lebih baik dari pada seluruh isi dunia)
kalau kamu pernah mengagumi kekayaan seseorang dan tahu tentang khasiat shalat fajar ini pasti agan akan merasa dan dengan orang yang cuman numpang kaya di dunia itu. kalau disuruh nyebutin apa aja khasiatnya ya cuman satu .. namun satu ini lebih baik dari dunia dan isinya. apakah kagak yahuud tu
Quote:
Dari Aisyah berkata,”Rasulullah saw bersabda,’Dua rakaat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya.” (HR. Muslim dan Tirmidzi)
3. Shalat Subuh(shalat wajib yang membuat takut Yahudi)
nah hayoo ngaku.. siapa yang kagak shalat subuh... padahal dengan menjalankan shalat ini ALLAH menjamin.

1. Pahala shalat malam satu malam penuh.
Diriwayatkan Muslim dari Utsman bin Affan ra berkata; Rasulullah SAW bersabda,”Barangsiapa yang shalat Isya berjamaah maka seakan-akan dia telah shalat setengah malam. Dan barangsiapa shalat Subuh berjamaah, maka seakan-akan dia telah melaksanakan shalat malam satu malam penuh.” Hadits riwayat Muslim.

2. Sumber cahaya di hari kiamat.
Shalat Subuh merupakan sumber dari segala sumber cahaya di hari kiamat. Di hari itu, semua sumber cahaya di dunia akan padam. Matahari akan “digulung”. Ibadahlah yang akan menerangi pelakunya.

3. Surga yang dijanjikan
Diriwayatkan dari Abu Musa al Asy’ari ra ia berkata Rasulullah SAW bersabda: ”Barangsiapa yang shalat dua waktu yang dingin maka akan masuk surga.” (HR Al Bukhari). Dua waktu yang dingin itu adalah shalat Subuh dan shalat ashar.

4. Melihat Allah .
Mereka yang menjaga shalat Subuh dan ashar, dijanjikan kelak di surga akan melihat Allah SWT. Hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim dari Jarir bin Abdullah ra artinya: ”Kami sedang duduk bersama Rasulullah SAW, ketika melihat bulan purnama. Beliau berkata, ”Sungguh, kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan yang tidak terhalang dalam melihatnya. Apabila kalian mampu, janganlah kalian menyerah dalam melakukan shalat sebelum terbit matahari dan shalat sebelum terbenam matahari. Maka lakukanlah.” (HR Al Bukhari dan Muslim). ini yang namanya nikmat ter..ter..ter..terbesar ..

5. Berada di bawah lindungan Allah SWT
Rasulullah SAW memberi janji, bila shalat Subuh dikerjakan, maka Allah akan melindungi siapa pun yang mengerjakannya seharian penuh. Hadits yang diriwayatkan dari Jundab bin Sufyan Rasulullah SAW bersabda: ”Barangsiapa yang menunaikan shalat Subuh maka ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan coba-coba membuat Allah membuktikan janji-Nya. Barangsiapa yang membunuh orang yang menunaikan shalat Subuh, Allah akan menuntutnya, sehingga Ia akan membenamkan mukanya ke dalam neraka. (HR Muslim, At-Tirmizi dan Ibnu Majah)


4. Shalat Dhuha(shalat sunah yang mengalirkan rizki dan pengganti sedekah)
kalau rejeki agan seret cobalah untuk shalat Dhuha(sebetulnya ga' melulu soal rezeki gan hehehe ). bahkan ALLAH bersumpah demi waktu Dhuha .. (ALLAH bersumpah??) nih suratnya
Quote:
“Demi waktu matahari sepenggalahan naik, dan demi malam apabila telah sunyi.” (QS. 93:1-2)
apakah maksudnya?? maksudnya adalah inilah waktu-waktu utama untuk beribadah karena setelah waktu ini akan pergi bekerja mencari nafkah.. juga harus bersedekah untuk tulang-tulang dan persendian yang telah diberikan ALLAH... eiitts jangan takut keluar uang .. cukup dengan Dhuha sedekah SOLVED hehehe nih hadistnya:
Quote:
“Dari Abu Huraerah ridliyallhu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda : Pada tiap-tiap persendian itu ada shadaqahnya, setiap tasbih adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah, setiap tahlil adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah (bacaanya : SUBHANALLAH, ALHAMDULILLAH, LAA ILAHA ILLALLAHU, ALLHU AKBAR), setiap amar ma’ruf nahyil munkar itu shadaqah. Dan cukuplah memadai semua itu dengan memperkuat/melakukan dua rakaat shalat dhuha” (Riwayat Muslim – Dalilil Falihin Juz III, hal 627).

gimana udah sadar. (semoga ane juga sadar ) betapa kita sungguh menyia-nyiakan shalat-shalat ini. alasannyapun beragam terutama dari alasan waktu dan kesempatan. padahal kalau diniati semua jadi lapang. oke makasih buat yang sempat mampir ke trit ini jangan lupa dan komeng ya . oh ya sekali lagi jangan di-Eksklusifkan ya .. sholat-sholat lain juga penting dan wajib. yang ane bahas kan yang biasa ditinggalkan karena alasan waktu dan kesempatan... oke .. semoga bermanf

1 comment: