Ajaran Islam Murni (AIM) Sesuai Al-Quran dan Hadits, berisi artikel yang sudah kami baca dan terjamin keabsahan sumbernya.

Sunday 13 March 2011

Agar Selalu Mendapat Pertolongan Allah Swt.

Agar Selalu Mendapat Pertolongan Allah Swt.
Sebagai manusia normal, kita pasti sering mengalami peristiwa. Entah itu peristiwa yang menyenangkan atau peristiwa yang menyedihkan. Jika mengalami peristiwa yang menyenangkan, biasanya kita merasakan kebahagiaan yang meluap-luap dan tiada hentinya bersyukur, sedangkan jika mengalami peristiwa yang menyedihkan, menyakitkan atau tidak mengenakan, seringkali kita merasa down, putus asa dan ga jarang kita jg pernah menyalahkan Allah dengan kata-kata: “kenapa sih harus kayak gini??hidup gw jelek bgt kayaknya!”

Padahal jika dipikir-pikir, kadang-kadang peristiwa menyedihkan atau menyakitkan itu semua adalah konsekuensi dari semua tindakan kita. Tapi jika kita tidak merasa melakukan suatu hal yang beresiko tapi tetap mendapat musibah, boleh jadi itu semua adalah kehendak Allah yang menginginkan kita untuk mengingat Dia dan kembali padaNya.

Apabila kita sedang mengalami kesulitan, apapun itu, alangkah baiknya jika kita meminta tolong langsung ke pencipta kita. Kita boleh berdoa kepada-Nya. Kita mempunyai hak untuk meminta kepadaNya baik saat sulit maupun saat mudah, saat senang dan saat sedih.

Dari Ibnu Abbas berkata: “ saya pernah berada di belakang Nabi pada suatu hari, beliau bersabda”:
Hai anak! Saya hendak mengajar engkau beberapa kalimat: “ jagalah Allah niscaya Allah akan menjagamu. Jagalah Allah niscaya engkau akan mendapatkanNya dihadapanmu. Jika engkau meminta, maka mintalah kepada Allah. Jika engkau minta tolong, mintalah tolong kepada Allah.”
Ketahuilah bahwa walaupun bersatu seluruh manusia untuk memberikan manfaat padamu dengan sesuatu, niscaya tiadalah mereka dapat melakukan itu, kecuali dengan sesuatu yang telah ditentukan Allah dan walaupun mereka bersatu untuk mencelakakan kamu dengan sesuatu niscaya tiadalah mereka dapat mencelakakan kamu kecuali dengan sesuatu yang telah ditentukan Allah padamu. ( HR Tirmidzi dan lainnya).

Mendapat pertolongan Allah itu mudah

Cara paling ampuh mendapat pertolongan Allah adalah

A. Selalu ingat kepadaNya
Dalam lingkungan manusia, jika ada pembantu yang patuh dengan majikanya, majikanya pasti dengan senang hati memberikan imbalan. Itu hanya dalam logika manusia dan Allah terbebas dari seluruh logika manusia. Kalau kita mau patuh dengan perintahNya maka kita akan jauh lebih mudah mendapatkan pertolonganNya.
Rasulullah bersabda, Allah Azza wa Jalla berfirman:
“Aku tergantung sangkaan hambaKu kepadaKu dan Aku bersama hambaKu ketika dia mengingatKu. Jika dia mengingatKu didalam dirinya, maka Aku mengingatnya dalam diriKu. Jika dia mengingatKu ditengah orang banyak, maka Aku mengingatnya ditengah orang banyak yang lebih baik dari mereka. Jika dia mendekat sejengkal kepadaKu, Aku mendekat sehasta kepadanya. Jika dia mendekat sehasta kepadaKu, Aku mendekat sedepa kepadanya. Jika dia mendatangiKu dengan berjalan, maka Aku mendatangi dia dengan berlari.” (HR. Bukhari-Muslim)

B. Bersyukur dengan pemberian Allah

Allah memerintahkan kita untuk mempunyai rasa syukur terhadapNya dalam setiap hal, apapun kondisi dan keadaannya. Allah meminta kita untuk meyakini bahwa pasti ada kebaikan dalam segala hal yang menimpa kita dengan menyadari bahwa semua itu berasal dari Allah.

“Karena itu, ingatlah kamu kepadaKu niscaya Aku ingat kepadamu dan bersyukurlah kepadaKu dan janganlah kamu mengingkariKu” (QS. 2:152)

“Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur, maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. 31:12)

C. Teruslah berdoa
Bila kita merasa sudah berusaha sebaik mungkin tetapi usaha kita masih tetap gagal, janganlah putus doa kita terhadapNya. Sesungguhnya Allah sangat dekat dengan manusia.

“Dan apabila hamba-hambaKu bertanya kepadamu tentang Aku, maka sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepadaKu, maka hendaklah mereka itu memenuhiKu dan hendaklah mereka beriman kepadaKu, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. 2:186)

Kita bisa berdoa apa saja kepada Allah tentang apa saja dan berharap Allah akan mengabulkannya. Namun tidak semua doa yang dipanjatkan Allah itu bermanfaat. Misalnya seseorang memohon untuk kepada Allah agar diberi harta kekayaan yang banyak untuk anaknya kelak. Apabila Allah yang Maha Tahu melihat bahwa jika doa tersebut dikabulkan, orang itu malah akan melupakanNya, maka Dia akan mengabulkan doa tersebut dengan cara yang lain. Dengan sesuatu yang lebih baik bagi dirinya.

Ketika doanya tidak dikabulkan, seseorang tidak menyadari rahasia ini, mereka mengira Allah tidak mendengar doanya. Seharusnya dia menyadari bahwa Allah akan menerima doanya pada saat yang paling tepat dan akan memberikan apa yang terbaik baginya.

No comments:

Post a Comment